ulasan

Laga El Clasico di Dammam Cup 2019

Jangan membayangkan El Clasico hanya terjadi Liga Spanyol antara Real Madrid melawan Barcelona karena kuatnya persaingan antar kedua tim Spanyol tersebut. Bisa jadi, drama El Clasico juga terjadi di turnamen Dammam Cup selama ini.

Batavia FC, sebelumnya dikenal sebagai Jakarta FC, merupakan tim rival kental Fawazia FC. Meski telah berganti nahkoda dan banyak pemainnya yang hengkang dan berganti baru, Batavia masih dirasa kental persaingannya dengan Fawazia.

Batavia FC tahun 2019

Fawazia FC sendiri, tim kawakan sarat dengan prestasi. Hampir setiap tahun turnamen DC, berhasil lolos sebagai finalis. Bermarkas di Jalan 6 Pasar Khobar, kostumnya yang khas berwarna biru telor asinnya ini, termasuk solid didukung fansnya yang setia.

Fawazia FC Menjadi Juara 1 Dammam Cup 2013

Hanya saja, El Clasico di DC tidak menjadikan kedua tim berduel dalam perebutan pemain bintang. Maklum, turnamen amatir warga Indonesia di Wilayah Timur, pemainnya silih berganti menyesuaikan masa kerja selama menjadi TKI.

Menurut Phill Ball, penulis dari ‘Morbo: The Story of Spanyol Football,’ menyebut rivalitas yang kemudian dikenal El Clasico di persepakbolaan Eropa, merupakan ‘Perang Saudara Spanyol.’ Awal perseteruan antara Barca dan Real dimulai sejak awal dekade 30an saat publik Barcelona yang jenuh terhadap kecenderungan sentralisasi kota Madrid di era kediktatoran Franco.

Sementara, Batavia sebelumnya bermarkas di Jalawiyah, kini tampaknya didominasi pemain yang berdomisili di Dammam Seaport, sementara Fawazia dari kota Khobar, tidak sama dengan sejarah El Clasico yang sebenarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: