Tips & Triks

Trik Pemain yang Sedang Unggul Gol Saat Waktu Pertandingan Masih Tersisa

Jika sebuah tim dalam posisi unggul, biasanya melakukan strategi agar tidak berubah seri atau terbalik menjadi kalah.

Apa saja yang biasa dilakukan oleh tim yang dalam kondisi unggul tetapi pertandingan belum selesai? Berikut di antara “strategi” yang harus Anda ketahui.

Memperlambat Tempo Permainan

Sudah menjadi rahasia umum salah satu cara bertahan yang dilakukan oleh banyak tim yang dalam posisi unggul dengan memperlambat tempo permainan.

Jika di awalnya para pemainnya agresif menyerang ke jantung pertahanan musuhnya, setelah unggul gol, mereka berubah mengulur-ulur waktu dengan mempermainkan bola di tengah lapangan. Cara ini tentunya membuat jemu penonton sekaligus lawannya mejadi jengkel sehingga tidak sabar untuk merebut bola.

Dalam kondisi seperti ini, tim yang sedang dalam posisi kalah tersebut hendaknya tidak terpancing emosi sehingga bermain kasar atau asal penetrasi merebut bola. Karena bisa jadi, kurang kontrolnya emosi membuat lengah pertahanan sehingga bisa jadi menambah gol kekalahan.

Pemain Mudah Cidera 

Trik lain yang lazim dilakukan pemain yang timnya dalam kondisi unggul adalah berpura-pura cidera. Tipe pemain seperti ini biasanya terjadi meski tidak terjadi kontak fisik (body contact) dengan pemain lawan, tetapi langsung menggelinding jatuh.

Dalam istilah sepak bola, biasa disebut “diving,” yaitu pemain sepak bola sengaja berpura-pura terjatuh,  dilanggar atau kesakitan oleh pemain lain meski tak terjadi kontak fisik.

Sialnya, jika aksi akting pemain tersebut termonitor oleh wasit, maka layak diberi ganjaran kartu merah, karena termasuk pelanggaran berat dan tindakan menyimpang dalam olahraga yang mencederai nilai keadilan, kejujuran, kewajaran dan profesionalisme (wikipedia).

Kiper Berlama-lama Memeluk Bola

Aksi lain yang biasa ditampilkan adalah kiper tim yang unggul “terlalu sayang” kepada bola untuk dilepaskan atau dioper ke pemain. Cara ini tidak lain agar waktu pertandingan segera usai tanpa ada serangan.

Hanya saja, dalam mini soccer, tingkah kiper semacam ini bisa dianggap pelanggaran oleh wasit dan bola menjadi milik tim lawannya.

Provokasi Suporter

Penonton yang mendukung tim yang dalam keadaan unggul gol bisa mempengaruhi agar hasil pertandingan tidak berubah.

Di antaranya suporter meniru-niru meniupkan peluit wasit, sehingga disangka waktu telah habis. Kondisi seperti ini biasanya mempengaruhi kosentrasi dan mental pemain lawan yang sedang ingin mengejar ketertinggalan gol.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: