Tips & Triks

Bukan Hanya Skill, Kekompakan Juga Diperlukan Oleh Sebuah Tim Untuk Menang

Tim sepak bola bak miniatur kehidupan sosial di kehidupan nyata sehari-hari. Utamanya dalam hal satu sama lain saling bergantung, saling membutuhkan, laiknya makhluk sosial. Karenanya, sepak bola adalah olahraga tim, bukan perorangan seperti renang, bulu tangkis atau tenis.

Tidak ada satupun di dunia ini, tim yang berhasil juara kecuali dimulai dari kekompakan timnya. Dan menariknya, kekompakan tim bahkan bisa bermula dari hubungan di luar lapangan masing-masing tim. Semakin baik dan akrab antar satu pemain dengan pemain lainnya, bisa sangat menunjang kekompakan permainan di lapangan.

Dalam buku Kurikulum & Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia untuk Usia Dini (U5-U-12), Usia Muda (U13-U20), dan Senior, kompak diartikan sebagai bertindak secara bersama-sama dan saling bahu membahu.

Buku yang dikeluarkan oleh PSSI tersebut juga menjelaskan bagaimana perilaku di lapangan dapat menggambarkan kekompakan, misalnya dengan bermain secara terstruktur mulai menyerang dan bertahan. Para pemain memahami peranan mereka masing-masing, meski berbeda posisi namun mereka dapat saling membantu rekan-rekannya untuk mencapai tujuan bersama sebagai tim.

Untuk mengatur kekompakkan di atas, diperlukan satu arahan dan intruksi, yaitu dari pelatih. Kewenangan pelatih dalam menyusun timnya agar dapat membangun kekompakkan tim merupakan seni tersendiri yang harus dimiliki dilandasi jiwa leadership dan manejerial handal.

Untuk itu, pemain bukan hanya sekedar dituntut terlatih dengan skill individunya, tetapi juga kemampuan interpersonal-nya demi membangun tim yang kompak.

Akhirnya, faktor taktik, teknik, fisik, dan psikososial dalam diri atletnya yang dibentuk oleh pelatih, merupakan tugas bersama satu tim untuk mewujudkan goal yang sama, memenangkan pertandingan.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s