wawancara

Ketua Panitia DC2019, Dudung AM Berharap Nilai Kekeluagaan Sesama WNI Terpancar di DC2019

Turnamen Mini Soccer DC2019 tahun ini dinahkodai oleh Dudung Abdul Mukti, pria asal Kuningan, yang kini bermukim di Al Ahsa. Sebagai seorang aktivis BMI (Buruh Migran Indonesia) di Arab Saudi, sosok ketua panitia DC2019 ini tidak diragukan jam terbangnya dalam berorganisasi.

Selain sibuk menyukseskan DC2019 bersama tim panitia lainnya, juga terus mempromosikan KUBE-AMC, Koperasi Usaha Bersama Al Ahsa Migrant Community.

Di sela-sela aktivitasnya, infodammamcup.com mencoba menggali sepak terjang dan rencananya dalam turnamen yang melibatkan seluruh warga Indoensia se-Wilayah Timur Arab Saudi. Berikut kutipan wawancara kami.

Assalamu’alaikum Pak Dudung, bagaimana perjalanan turnamen yang tengah berlangsung saat ini?
Waalaikumusalam, alhamdulilah berjalan lancar sesuai tahapan yang sudah disusun dan juga hinga saat ini tidak ada kendala yang berarti meski terdapat beberapa protes ringan namun semua bisa ditangani dengan baik dan bisa diterima oleh semua peserta turnamen.

Apa sebenarnya maksud dan tujuan turnamen DC2019 ini?
Dammam cup ini agenda tahunan bagi kami yang berada di Wilayah Sharqiya. Acara ini bertujuan untuk menyalurkan hobi juga bakat bermain bola, untuk mengurangi beban kerja selama kita di Arab Saudi. Selain itu pula bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama WNI yang berada di wilayah Sharqiya.

Siapa saja yang menjadi panitia DC2019 kali ini? Bagaimana cara koordinasinya, mengingat waktu yang sempit dan jarak yang berjauhan?
Untuk tahun ini panitia yang tergabung dalam Turnamen Mini Soccer Dammam Cup 2019 terdiri dari beberapa masyarakat Indonesia yang berasal dari Al Ahsa, Dammam, dan Qatif. Meski lokasi kita berjauhan kita melakukan rapat dan berkomunikasi di Grup Whatsapp.

Apa rencana panitia untuk menyukseskan DC2019 ini?
Panitia tetap berkomitmen kuat untuk mensukseskan even ini. Untuk itu panitia berusaha keras untuk menggaet sponsor dan pihak pihak lain yang bisa men-support even tahunan ini.

Jumlah peserta DC semakin tahun semakin berkurang, bahkan tahun ini format turnamen diganti dari kesebelasan menjadi mini soccer. Bisa Pak Dudung jelaskan?
Iya, untuk tahun ini perhelatan Dammam Cup baru menggunakan format mini soccer. Berkurangnya tim kesebelasan di tahun ini menjadi salah satu alasan kami DC2019 menggunakan format Mini Soccer. Banyak di antara tim kesebelasan yang mengeluh pemainnya berkurang karena banyak yang exit.

Setelah 1 bulan pertandingan DC2019 berjalan, apa saja evaluasi untuk tim peserta dan panitia?
Setiap jumat kita melakukan evaluasi untuk setiap pertandingan yang digelar. Perbaikan dan penegakan peraturan tampaknya yang terus diperhatikan, sebab baik wasit maupun pemain belum begitu familiar dengan aturan main mini soccer, yang jelas ada perbedaan dengan pertandingan sepak bola biasa.

Dari sekian peraturan yang disusun panitia, bagaimana respon dan sikap tim peserta selama ini?
Semua tim tetap bisa menerima peraturan tersebut meskipun kadang ada protes dari tim peserta, namun masih bisa didiskusikan dan dibicarakan dengan baik. Panitia terbuka menerima masukan dari semua tim peserta dan jika ada hal yang perlu dievaluasi, maka panitia siap memperbaikinya.

Apakah panitia akan menindak tegas setiap pelanggaran peraturan/tata tertib dalam DC2019?
Panitia tetap memakai aturan yang telah disusun dan disosialisasikan ke semua tim peserta. Sebab itulah aturan main yang dibuat untuk kelancaran dan suksesnya even ini. Tentu panitia akan tegas dalam menerapkan aturan yang ada yang telah dibuat disusun dan disosialisakan ke semua tim peserta.

Sepintas sponsor yang mendukung DC2019 cukup banyak. Bagaimana dengan dukungan pemerintah Indonesia (KBRI)?
Biasanya pemerintah Indonesia (KBRI) akan mendukung even ini seperti di tahun-tahun sebelumnya, mereka juga mensupport kegiatan Dammam Cup. Pihak panitia insha Allah minggu ini akan menghubungi KBRI melaporkan even yang saat ini berlangsung dan juga menyampaikan harapan kami untuk suksesnya even tahun ini.

Ada pesan dan arahan Pak Dudung sebagai ketua panitia untuk tim peserta turnamen? Dan apa harapan panitia dengan turnamaen ini?
Harapan saya kepada semua tim peserta agar memanfaatkan event kali ini sebaik-baiknya dan jaga sportivitas, fair play juga dikedepankan, semoga nilai kekeluagaan dalam balutan silaturahmi sesama WNI yang terpancar di even ini. Kami juga menghimbau agar semua tim peserta untuk dapat mendukung panitia dengan membantu program sponsor turnamen, seperti installasi aplikasi As2in1 dan aktivasi kartu Friendi.  Saya berharap besar even ini berjalan sukses tanpa ekses dan lancar. []

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s