Sepak Pojok

Bola Itu Bundar!

Tidak sedikit orang mengomentari suatu pertandingan yang belum dipastikan siapa yang memenanginya dengan kalimat “bola itu bundar, semua kemungkinan bisa terjadi!”

Ya! Tidak salah memang. Selama 1 bulan bergulir, DC2019 membuktikkannya. Tercatat dua tim unggulan yang digadang-gadang selalu menang dalam setiap duelnya, nyatanya harus takluk oleh tim unpredictable. Sebut saja Fawazia dan Al Ahsa A, keUpload Filesduanya sempat ditaklukkan tim IJFC asal Jubail.

Thus, filosofi bola bundar membuktikan, bahwa ada ketidakpastian hasil pertandingan sepak bola. Di atas kertas, orang bisa menilai tim satu lebih unggul dari lawannya. Tetapi di atas rumput, tidak semua yang diprediksi bisa tepat sasaran.

Kekalahan bagi sebuah tim kadang menyakitkan, utamanya jika ada perasaan dicurangi wasit atau dugaan wasit kurang cakap memimpin pertandingan sehingga merugikan timnya yang berakhir kekalahan.

Bagi tim yang merasakan demikian, maka munculah protes dan kritik, seakan tidak menerima takdir, bahwa bola itu memang bulat!

Wasit di DC2019 bukanlah Tuhan yang Maha Benar. Kealpaan wasit bisa jadi menguntungkan satu tim dan merugikan lainnya. Tetapi, menuntut kepemimpinan wasit dapat memuaskan semua pihak adalah hal yang mustahil.

Jika bola itu bundar, maka tidak ada satu sisipun yang mampu menjadi wadah bersandar, karena pasti bola menggelinding.

Begitu juga kepimpinan wasit, hatta jika dia telah berusaha adil menurut pandangan sebagian orang, sebagian lainnya menganggap tidak fair. Bisa jadi ini karena obyektifitas tidak mampu mengalahkan sikap subyektif, ego, ambisi, dan yang sejenisnya.

Untuk itulah, jika tidak kepada wasit, maka oleh siapa keputusan di lapangan ditegakkan? Satu wasit dikebiri hak preogratifnya, akan berefek domino kepada keputusan lainnya.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: