Tips & Triks

Menjadi Pemain di Luar Lapangan

Penonton di manapun, pasti lebih gaduh dari pada pemain yang sedang bertanding di lapangan. Karena kegaduhannya, sampai-sampai punya pengaruh terhadap hasil pertandingan. Kok bisa? Ya, karenanya biasa disebut “pemain ke-13” bagi kesebelasan, atau di mini soccer DC2019 ini, bisa menjadi “pemain ke-9.” Baca secuil tips dan trik untuk penonton berikut ini.

Bukan Sekedar Penonton Bola
Di antara penonton sebuah pertandingan sepak bola, ada sebagian yang militan, yang fanatik mendukung sebuah tim kesayangannya. Di dunia ini, banyak julukan bagi mereka, seperti The Gooners (Arsenal), Milanisti (AC Milan),  Juventini (Juventus), dan seterusnya.

Di kompetisi dalam negeri Indonesia, ada sebutan Bonek (Persebaya), Bobotoh (Persib), Aremania  (Arema), atau The Jakmania (Persija). Nah,Anda , ya Anda, suporter tim mana di DC2019? Apa julukan untuk suporter tim Anda?

Hooliganisme
Menurut wikipedia, hooliganisme adalah  perilaku nakal dan merusak oleh penggemar sepak bola yang terlalu bersemangat. Penonton atau suporter tim sepak bola semacam ini biasa juga disebut hooligans.

Mereka biasanya berbentuk sebuah  geng suporter yang tidak mau tunduk aturan, pencipta anarkisme, kerusuhan, menteror tim lawan, dan prilaku yang bermusuhan. Tentu saja tidak ada yang setuju dan suka dengan gaya suporter ini. Maka, janganlah kecintaan Anda terhadap tim favorit berbuah hooliganisme.

Jangan Jadi Pentonton yang Sok Pintar dan Lebih Dulu Menghakimi
Di antara tabiat buruk penonton adalah komentarnya yang mendahului kemampuannya bermain bola bundar. Tidak ada di dunia ini kecuali penonton yang biasa lebih merasa pintar daripada pemain dan pelatihnya.

Jika melihat kesalahan atau apa yang dilakukan pemain di lapangan tidak sesuai harapan, dengan tangkas penonton mengomentari, “wah, harusnya oper, tendang, lari ke samping…..” seakan-akan apa yang dilontarkannya semudah mempratekkannya.

Bahkan, biasanya sangat cepat menghakimi apa yang terjadi di lapangan. Jika yang dilihatnya tidak sesuai harapannya, sekonyong-konyong menyalahkan pihak lain yang tidak disukai. Maka, jadilah penonton yang tenang dan bijak saat menyaksikan pertandingan. Belum tentu yang diucapkan penonton mampu dilakukannya jika dia seorang pemain di lapangan.

Penyemangat dan Pemotivasi
Menjadi pemain di luar lapangan bisa diperankan oleh penonton. Yaitu dengan memberikan semangat kepada para pemain agar bangkit jika tertinggal dan tetap optimis saat dalam posisi kalah.

Caranya banyak, seperti mengapresiasi pemain yang cakap tetapi juga yang dirasakan kurang maksimal performanya saat bertanding.

Jadi, intinya, penonton yang bisa menjadi pemain di luar lapangan adalah yang tidak merusak pertandingan dengan menjadi hooligans, tidak menjatuhkan mental pemain, sekaligus tidak meremehkan usaha pemain meskipun kalah di akhir laga. Andakah penonton ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s