Sepak Pojok

Adakah Mafia Pengaturan Skor di DC2019?

Laga keenam Jum’at (8/2) kemarin pagi menyisakan persaingan yang semakin ketat bagi 3 tim papan atas di masing-masing Grup A dan Grup B.

Di Grup A, tim Nusantara, Al Hasa A dan PSRJ A memilliki kesempatan yang sama untuk bisa lolos ke semi final. Hal yang sama juga terjadi di Grup B antara Ganesha, IJFC B dan Fawazia.

Hanya saja posisi Nusantara dan Ganesha relatif lebih aman, meski jika di pertandingan terakhir nanti dikalahkan lawannya, masih bisa bertengger di runner up grup.  Pasalnya, kedua tim ini telah mengantongi 10 poin hasil dari 3 kali menang dan 1 kali seri.

Menurut jadwal, Nusantara akan berhadapan dengan tim unggulan Al Hasa A pada Jum’at (15/2) depan, sementara Ganesha akan menjamu Fawazia pada dua Jum’at (22/2) berikutnya.

Meskipun demikian, laga pamungkas antara Nusantara vs Al Hasa A di Grup A dan Ganesha vs Fawazia di Grup B, dipastikan akan berlangsung sengit. Dua pertandingan tersebut, selain sebagai usaha agar dapat lolos dari “lubang jarum” memperebutkan posisi runner up di masing-masing grup bagi Al Hasa A dan Fawazia, juga menjaga gengsi tim elit.

Secara perhitungan, jika Al Hasa dan Fawazia gagal mengungguli lawannya di laga terakhir mereka, posisinya terancam oleh tim yang memiliki poin yang sama.

Derby Tim Jubail
Yang tidak kalah serunya, pertemuan derby dua tim sekota Jubail, IJFC vs PSRJ. Kedua tim masing-masing akan bertarung memperebutkan gengsi sebagai tim Jubail, baik di grup A maupun di grup B.

Baik IJFC maupun PSRJ memiliki kesempatan yang berkebalikan antara wakilnya masing-masing di grup A dan B. Di Grup A, PSRJ A memiliki lebih banyak kesempatan untuk melaju ke semi final DC2019 jika mampu mengalahkan IJFC A.

Namun jika kemenangan berpihak kepada IJFC A sudah dipastikan tidak akan berpengaruh bagi timnya, justru melapangkan jalan Al Hasa A dan Nusantara untuk berduet lolos kualifikasi.

Di Grup B, tim IJFC B yang lebih berkesempatan menjadi pendamping Ganesha ke babak selanjutnya. Tetapi jika PSRJ B berhasil unggul mengalahkan IJFC B, maka dipastikan Fawazia yang akan lolos bersama Ganesha ke semi final dan tidak berpengaruh kemenangan bagi PSRJ B di laga terakhir tersebut.

LIHAT KLASMEN SEMENTARA DI SINI

Wani Piro?
Dalam posisi di ujung tanduk pada laga terakhir penyisihan seperti di atas, biasanya muncul intrik dan siasat, meskipun tidak semua tim sudi melakukannya.

Banyak orang menyebutnya sebagai usaha “main mata” atau usaha kompromi, yaitu cara sebuah tim dibuat sengaja untuk mengalah agar tim lawannya dipersilahkan menang agar dapat melaju ke babak selanjutnya.

Cara transaksional seperti ini biasanya atas dasar kesepakatan sejumlah uang, “wani piro?” Seperti layaknya kasus mafia pengaturan skor atau yang semisal yang konon juga terjadi di dunia persepakbolaan nasional maupun dunia.

Melihat rivalitas semua tim yang akan berhadapan di laga terakhir di atas, sepertinya sangat kecil kemungkinan akan ada kompromi. Di laga derby, IJFC dan PSRJ, dipastikan masing-masing tim berusaha memenangkan pertandingan. Selain mengejar prestasi, gengsi antara dua tim sekota Jubail menjadi pertaruhan.

Sementara Nusantara, Al Hasa, Fawazia dan Ganesha, semuanya merupakan rival tim elit saat ini. Melihat posisi dan hubungan kedekatan masing-masing tim, hampir mustahil akan terjadi kompromi skor agar ada sengaja dikalahkan atau dimenangkan.

Semuanya, tentu akan terbukti di lapangan pada waktunya. Tim mana yang akan mendulang sukses di DC2019? Jangan tanyakan kepada rumput yang bergoyang, apalagi rumput di lapangan turnamen; artifisal, sintetis, bukan asli alami tapi buatan dari plastik . Tunggu waktu yang akan menjawabnya.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s