ulasan

Nusantara vs Al Hasa, Adu Gengsi dan “the Real Final?”

Duel besar antara Nusantara versus Al Hasa A akan berlangsung Jum’at (15/2) pekan ini. Sebagian orang menganggap pertandingan kedua tim tersebut layaknya “final yang sesungguhnya” (the real final). Apakah benar demikian?

Jagat persepakbolaan masyarakat Indonesia di Wilayah Timur Arab Saudi mengenal baik dua tim Nusantara maupun Al Hasa, yang akan bertemu di penghujung kualifikasi DC2019 kali ini. Tidak diragukan, masing-masing tim memiliki track record yang pantas untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik (the best of the best).

Nusantara FC: Tim Baru yang Melejit
Tim Nusantara sendiri belum lama dibentuk. Awalnya mereka masih terkait dengan tim lawas yang bermarkas di Jalawiyah, Jakarta FC kemudian bermetamorfosis menjadi Batavia FC. Sebagian pemainnya merupakan alumni Dhahran FC, Khalidiyah FC, dan Garuda Indomie FC. 

Performa terbaik mereka pada DC2018 tahun lalu, berhasil menyabet gelar Juara 1 setelah di final mengandaskan Fawazia.

Selama DC2019 kali ini, tim Nusantara hampir memecahkan rekor sebagai tim yang tak terkalahkan. Sayang, di laga keempat Jum’at (8/2) lalu, Nusantara harus puas ditahan imbang tim tuan rumah 1-1. Dengan catatan 3 kali menang berturut-turut dan 1 kali seri, Nusantara kini memuncaki klasmen Grup A.

Al Hasa A: Tim Juara Sarat Pengalaman
Tidak kalah tangguhnya lawan Nusantara di akhir babak penyisihan DC2019 kali ini adalah tim Al Hasa A. Tim ini telah teruji sebagai kandidat juara sepanjang turnamen.

Sebelum merubah menjadi Al Hasa sebagaimana nama kota domisilinya, mereka berkibar di bawah bendera Rosdiya FC, asuhan Abah Yahya.Di bawah asuhan tangan dingin Abah Yahya, Rosdiyah sempat melaju ke final DC2013, yang akhirnya harus puas menjadi runner up setelah kalah dari Fawazia FC.

Rosdiyah juara II DC2013

Al Hasa sempat vakum tidak ikut serta dalam Dammam Cup pada tahun 2016. Kala itu, beberapa pemainnya di-hire oleh Dhahran FC dan ikut andil menjadi juara 1 DC2016 dengan mengalahkan Fawazia FC di final.

Terbaru, Al Hasa berhasil menyabet gelar juara pertama dalam ajang turnamen mini soccer yang diadakan Pagarindo di Jubail pada tahun 2018, di tahun yang sama kandas pada semi final DC2018.

The Real Final?
Tidak keliru jika kemudian ada yang mengibaratkan bahwa laga Nusantara versus Al Hasa ini layaknya “pertandingan penyisihan rasa final.”

Dari materi pemain di semua lini kedua tim, skill hampir merata. Semangat dan mental juara pun ada pada dada masing-masing pemain di kedua belah tim.

Jadi, apa yang tidak membuat Anda untuk menyaksikan aksi Nusantara dan Al Hasa di Star Playfield Qatif Jum’at (15/2) ini? Saksikan pertandingan berkelas DC2019 ini mulai 06.45 pagi.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: