Sepak Pojok

Sistem Pertandingan DC2020, Setengah Kompetisi Atau Sistem Gugur?

Ada wacana yang sedang digulirkan oleh sebagian penggiat sepak bola di Wilayah Timur Arab Saudi untuk turnamen Dammam Cup 2020 kali ini.

Di antara usul yang diajukan adalah sistem pertandingan dalam turnamen kali ini menggunakan sistem gugur, di mana setiap tim hanya memiliki satu kali kesempatan bertanding.

Jika kalah makah pupus sudah harapannya, tetapi jika menang terus dapat melaju sampai ke puncak juara.

Sistem ini memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Di antara keuntungannya adalah mempersingkat waktu turnamen sehingga dapat mengefesienkan biaya yang digunakan.

Sebagaimana diketahui, masalah pendanaan even tahunan bola DC ini yang paling mendasar adalah biaya turnamen. Terutama, sponsor tidak dapat mencover kebutuhan finansial secara keseluruhan.

Kedua, semangat kompetisi akan lebih terasa, mengingat partai mati; kalah sekali gugur selamanya atau menang terus.

Ketiga, efektifitas kerja panitia akan lebih terjamin, mulai dari penghitungan skor, pemilihan wasit pertandingan, dan seterusnya.

Tetapi beberapa hal yang menjadi tantangan jika sistem gugur ini diberlakukan; turnamen belum terbiasa dengan sistem gugur, kurang puas jika hanya bermain satu kali saat kalah, dan alasan lainnya.

Untuk itu, Ketua DC2019 tahun lalu, Dudung AM, mensyaratkan jika sistem gugur digunakan dalam DC2020 nanti, maka diharapkan tidak ada penarikan uang pendaftaran sebagaimana turnamen sebelumnya. Lokasi lapangan pun diharuskan yang proposional, sentral dari seluruh tim peserta yang berasal dari Al-Hasa, Jubail, Dammam, Khobar, Dhahran, Qatif dan sekitarnya.

Bagaimana kepastiannya? Masih menunggu respon para penggiat sepak bola selanjutnya.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: